pura uluwatu

Pura unik yang terletak di barat daya pulau Bali dan terkenal dengan pertunjukan tari kecak adalah Pura Uluwatu.

Pura Uluwatu merupakan salah satu obyek wisata yang berada di Bali selatan. Daya tarik dan keunikan dari pura ini adalah letak pura yang berada di atas tebing dengan ketinggian 97 meter dari permukaan laut. Selain karena letaknya, di area pura banyak terdapat kera yang menambah daya tarik dari tempat ini.

Pada sore hari, dari lokasi pura bisa melihat matahari terbenam atau sunset, karena lokasi pura ini langsung menghadap ke samudera Hindia. Dari pinggir tembok pura, anda bisa melihat deburan ombak di bawah pura yang menghantam tebing penyangga pura.

pura uluwatu

Sejarah Pura Uluwatu

Menurut lontar Kusuma Dewa, pura ini merupakan salah satu Pura Sad Kahyangan yang ada di Bali dan didirikan oleh Mpu Kuturan pada abad ke-11. Yang termasuk pura Sad Kahyangan lainnya yaitu Pura Besakih, Pura Lempuyang, Pura Goa Lawah, Pura Luhur Batukaru dan Pura Pusering Jagat.

Mpu Kuturan merupakan salah satu pendeta suci yang datang ke Bali yang terkenal dengan konsep Tri Murti. Beliau juga yang menurunkan ajaran Desa Adat di Bali dengan segala macam aturannya.

Dang Hyang Nirartha yang datang ke Bali pada akhir tahun 1550 dalam perjalanan suci, beliau moksah di tempat ini.

Tari Kecak di Uluwatu

Wisatawan yang datang ke Uluwatu, selain dapat melihat keunikan pura dengan sejarahnya, di Uluwatu juga ada pementasan Tari Kecak setiap sore hari. Tari Kecak merupakan tari pertunjukan yang dibawakan lebih dari 50 orang dengan irama dan seruan khusus “CAK”. Tarian ini kebanyakan dimainkan oleh penari laki-laki untuk iringan iramanya.

Dengan duduk melingkar mengelilingi obor dan dipentaskan sore hari, nuansa pertunjukan semakin seru. Tari Kecak biasanya menceritakan epos Ramayana yang sudah terkenal. Penggalan kisah yang sering dimainkan dalam tarian ini adalah saat Sinta diculik oleh Rahwana di tengah hutan. Pada akhir tarian akan ditutup oleh kalahnya Rahwana melawan Rama.

Tari Kecak di Uluwatu dipentaskan setiap hari mulai jam 18:00 hingga 19:00 Wita.

tari kecak uluwatu

Harga tiket masuk Uluwatu dan tiket Kecak Uluwatu?

Domestik

Dewasa : Rp. 15,000/org

Anak : Rp. 7,500/org

WNA / Asing

Dewasa : Rp. 20,000/org

Anak : Rp. 10,000/org

Parkir Kendaraan

Sepeda Motor : Rp. 1,000

Mobil : Rp. 2,000

Bus : Rp. 10,000

Tiket Tari Kecak : Rp. 100,000/org

Bagaimana menuju Uluwatu ?

Pura Uluwatu terletak di Desa Pecatu, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung – Bali. Lokasinya berada di ujung barat daya pulau Bali. Untuk menuju lokasi pura dibutuhkan waktu sekitar 30 menit sampai 45 menit berkendara menggunakan mobil dari arah Kuta.

Jika anda belum pernah datang ke Bali ataupun belum mengenal jalan di Bali, cara terbaik menuju Uluwatu adalah dengan menyewa mobil dengan sopir yang berpengalaman. Keuntungan jika sewa mobil adalah anda tidak tersesat dan bisa meminta saran obyek wisata terdekat yang bisa dikunjungi. Jika tidak mau ribet, kami menyediakan Tour Bali yang sudah termasuk hotel maupun belum termasuk hotel.

Jika anda membutuhkan petunjuk arah menuju Uluwatu, lihatlah pada peta google yang kami cantumkan di bawah !

Loading
Center map
Traffic
Bicycling
Transit

Tips!

  • Bagi wanita yang sedang menstruasi, dilarang masuk ke areal Pura.
  • Sebelum masuk, gunakanlah selendang dan kain untuk menjaga kesopanan masuk tempat suci.
  • Jangan membawa barang berharga masuk areal pura, seperti Kacamata, Kalung Emas dan lainnya, karena kera di areal pura sering mendekat untuk meminta makanan.